Friday, January 27, 2012

MAO 'S LAST DANCER

Saya membaca buku ini kira-kira 5 tahun yang lalu. Buku ini adalah autobiografi Li Cunxin, seorang penari balet asal Cina yang terkenal di kancah balet internasional.


Ketika saya melihat filmnya sudah muncul, saya sangat kepingin nonton. Baru 2 minggu lalu kesampaian.



Li Cunxin berasal dari daerah miskin yang sering terlanda kelaparan . Keluarganya pun miskin, namun bahagia. Pada usia 11 tahun, dari jutaan anak di Cina, ia terpilih oleh panitia kebudayaan Madame Mao untuk menuntut ilmu di Beijing Dance Academy. Pergilah Cunxin meninggalkan keluarganya .

Ketika berusia 18 tahun, Cunxin dikirim ke US untuk mengikuti summer ballet program di Houston University. Mulai di sini, kisahnya rame... Ia bertemu dengan gadis yang menjadi istri pertamanya. Karena keputusannya untuk tinggal di US, ia ditahan di Konsul Cina di Houston. Li Cunxin akhirnya bebas, namun ia harus melepaskan kewarganegaraan Cina-nya.

Filmnya berakhir dengan happy ending, Cunxin bertemu kembali dengan orang tuanya..bahkan bisa kembali ke Cina . Namun di buku, kisahnya terus lanjut. Cunxin dan istri keduanya dikaruniai seorang anak yang tuli.
Istrinya yang saat itu mejadi principal dancer , terpaksa melepaskan kariernya yang sedang ada di puncak , demi mendidik anak mereka.

Saya sangat suka buku dan film ini...Kerja keras serta peruntungan Li Cunxin sangat luar biasa. Walaupun berat jalan hidup yang harus ditempuh Li Cunxin, humor tetap mewarnai buku dan filmnya...
Serius tapi tetap menghibur...

No comments:

Post a Comment